Cara Mengatasi Memori/microSD yang Rusak atau Sulit Terdeteksi

Buat pemakai smartphone tentunya seringkali alami permasalahan pada kartu memori/microSD di samrtphone kepunyaannya. Baik itu bisa dibaca pada piranti android, atau SD Card rusak. Pasti akan begitu menyusahkan kan? ?? Karena dikawatirkan data yang kita punya di dalamnya hilang serta tidak dapat kembalai lagi. 

Tentunya jika kartu memori pada hp kita telah rusak, kita akan berpikir untuk menggantinya serta beli yang baru. Tetapi jangan sampai buru – buru untuk buang kartu SD kalian yang rusak, karena belumlah pasti kartu memori itu betul-betul rusak, serta masih tetap dapat diperbaiki dan bisa berperan serta dipakai lagi. 
Untuk itu kita akan mebahas cara-cara untuk melakukan perbaikan SD card yang rusak, hingga bisa dipakai kembali tak perlu beli yang baru lagi, supaya dapt mengirit pengeluaran kita juga tentu saja. 

Tersebut Langkah Menangani Memori/microSD yang Rusak atau Susah Terdeteksi yang akan kita ulas pada artikel kesempatan ini : 

Bersihkan kartu memori 
Pertolongan pertama pada kartu memori yang tidak terdeteksi ialah, melepas kartu memori card itu dari piranti android kamu. Tetapi tentunya terlebih dulu ponselmu telah dalam tempat mati, supaya tidak meningkatkan rusaknya pada microSD kalian. Pertama membersihkan plat kuningan di bagian bawah kartu memori memakai penghapus pensil yang berwarna putih, gosok dengan perlahan-lahan sampai lempengan kuninggannya bersih. 
Jika plat kuninggannya telah bersih , kalian dapat memasangkan kembali microSD pada gadgetkalian, lalu teliti lagi apa kartu memorinya bisa terdeteksi atau belumlah. 

Memformat memory card lewat android 
Jika langkah yang pertama telah dikerjakan serta belumlah sukses, kalian dapat coba memformat kartu memori memakai hp android kamu. Lewat cara masuk pada menu Setting > Storage untuk lihat info detil dari kartu memori kalian. Lalu pilih Erase External Storage Piranti karena itu semua data pada microSD kalian akan terhapus, hingga ruangan penyimpanan bisa menjadi kosong sperti baru lagi. 
Lihat Juga Panduan serta Trik Menjaga Smartphone Xiaomi 

Teliti kerusan lewat PC 
Pertama kalian bisa menghubungkan terlebih dulu smartphone pada computer dengan kabel data, serta yakinkan jika smartphone kalian telah tersambung pada PC pada model Mass Storage Model ( MSC ) bukan Media Transfer Model ( MTP ). 
Atau bisa memakai langkah lainnya yaitu melepas kartu memori lantas sambungkan ke PC memakai adaptor jika telah tersambung dengan PC lalu membuka Windows Explorer, click kanan pada Drive SD card kamu, lalu pilih menu Properties > Tolls > Error Checking, serta biarlah hasilnya berjalan hinga semua proses tuntas. 

Format SD Card lewat PC 
Bila memori Card kalian tampak baik-baim saja serta tidak ada permasalahan waktu dikaitkan pada PC, akan tetapi saat dimasukan dalam perangka smartphone kartu memori itu tidak terdeeksi. Coba pakai langkah tersebut. 
Copy terlebih dulu semua data pada SD card ke PC kalian, buat folder baru untuk tempatkan semua file itu ( Backup File ) dari isi kartu memori kalian. Sesudah data itu telah tercopy, lalu coba format memori card itu dari computer kalian, jika proses formatnya telah tuntas coba input lagi SD Card itu ke smartphone serta jika memori kalian telah terdeteksi baru kalian kembalikan lagi file tadi telah kamu Backup. 

Catatan : Langkah Menangani Memori/microSD yang Rusak atau Susah Terdeteksi – Jangan sampai terus-terusan untuk melepas serta menempatkan kartu memori memori card karena rutinitas itu bisa menyebabkan rusaknya pada lempengan kuning yang ada pada memori Crad kalian!!! 

Nah, itu barusan penjelasan tentang Langkah Menangani Memori/microSD yang Rusak atau Susah Terdeteksi yang sudah kita ulas pada artikel diatas ini bisa bermanfaat serta berguna dan bisa meningkatkan info buat kalian.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

8 Cara Mengatasi Hp Xiaomi Lemot yang Cepat dan Efektif

Cara Melakukan Penyetelan Kunci Layar Xiaomi

12 Tips Cara Hemat Baterai Xiaomi